Curug Cikaso Daya Tarik yang Unik

Selasa, 28 Oktober 2014 - 11:12 WIB
Curug Cikaso Daya Tarik...
Curug Cikaso Daya Tarik yang Unik
A A A
SUKABUMI - Daya tarik lainnya, apabila wisatawan berpetualang di sekitar daerah Ujung Genteng adalah Curug (air terjun) Cikaso. Curug ini terdapat tiga air terjun yang menyebar dalam satu tempat, untuk mencapainya wisatawan perlu naik perahu sekira tiga menit. Atau berjalan kaki sebentar, dari situ bisa diperoleh view yang sangat indah dapat kita temukan, sekali memandang tiga air terjun terasa nikmat sungguh luar biasa.

Curug unik nan indah ini memiliki daya tarik sendiri, ketika berkunjung ke Ujung Genteng, Sukabumi, Jawa Barat. Rupanya keunikan curug ini juga memiliki cerita semacam mitos dari masing-masing air terjun itu.

Dibalik keindahan dan keunikannya, Curug Cikaso memiliki cerita tersendiri. Menurut pemandu wisatae lokal di sana, konon ketiga air terjun itu pernah disinggahi “seseorang”, yakni Pante Butah, Nyi Roro Kidul (tengah), dan Ulung Sakti (agak terpisah sendiri).

Curug ini digunakan oleh Ulung Sakti untuk menikahkan anaknya, oleh karena itulah dulunya masyarakat setempat menyebutnya Curug Pengantin. Kemudian sejak tahun 2000, pemuda dan tokoh masyarakat setempat merubah nama curug tersebut menjadi Curug Cikaso, dan mulai dipromosikan sebagai destinasi wisata.

Karena perubahan nama itu dikhawatirkan akan membawa sesuatu yang tak diinginkan, maka masyarakat meminta izin sebelum perubahan nama curug itu. Masyarakat setempat mengadakan potong kambing hitam, dengan mempersembahkan kepalanya ke curug. Dan sejak perubahan nama itu, konon tidak ada masalah dengan tempat itu.
(nfl)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.0257 seconds (0.1#10.140)